Monday, December 13, 2010

Label & Text

     Sebelum membuat project, kita harus punya program pendukung kerja kita yaitu Visual Basic dan sudah di-install dalam Komputer atau Notebook (laptop) kita. Visual Basic mempunyai beberapa versi, gunakan versi yang mana menurut anda suka, namun harus kompetibel dengan sistem komputer kita sendiri.

     Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari bagaimana membuat project Label & Text. Apakah label & Text? Label dan Text (textbox) merupakan tools dari Visual Basic. Kita dapat membuat suatu aplikasi mudah hanya dengan menggunakan kedua tools  tersebut. Berikut langkah-langkah nya :

1.       Pertama kita menjalankan program Visual Basic itu sendiri. Kita bisa klik dari Start, Taskbar, ataupun  klik icon nya di Desktop.

2.       Setelah program Visual Basic dibuka, pilih File pada toolbar, lalu New, dan pilih Project untuk membuat project baru.


3.       Muncul kotak dialog dimana kita bisa Set nama project kita dan lokasi folder kita menyimpan project tersebut. Setelah semua selesai, klik Ok.


4.       Pada  Work Station, muncul yang namanya Form, form adalah wadah atau tempat dimana kita bisa meletakkan berbagai tools. Di samping Work Station terdapat Toolbox, klik Toolbox, lalu klik treeview All Windows Form, dan pilih Label serta Textbox, lalu klik satu-satu ke dalam Form. Form dapat di perbesar ukurannya dengan menarik sudut-sudut nya.


5.       Label bisa di atur ukuran Font Size nya serta Font Style nya pada properties. Dan ubahlah nama “Label1” pada properties text menjadi “Nama”.

6.       Setelah Label dan Textbox dibuat, tambahkan Button untuk menjalankan aplikasi, lihat gambar berikut.

7.       Lalu tambahkan Label yang kedua, lalu posisikan seperti di gambar berikut. Buat Font Size nya besar, sekitar 26 size nya.

8.       Lalu pada properties, hapus tulisan “Label2” pada properti Text. Dan label akan hilang tulisannya seperti di gambar.



9.       Double klik Button1 (pada gambar button “Go!”) lalu muncul Public Class Form1. Dibawah button1_click anda ketik:
Label2.text         =   “Selamat Belajar  “ + Label1.text

10.   Klik Start Debug, lalu aplikasi jalan, ketik nama anda pada textbox samping label “Nama”, lalu klik Button “Go!”, hasil akan seperti gambar di bawah ini.


Selamat Mencoba!

No comments:

Post a Comment